Tips Menyimpan Peralatan Dapur Berkayu Agar Terhindar dari Jamur

Uncategorized23 Dilihat

1) Cuci peralatan tanpa menggunakan mesin pencuci atau hand wash 

Cara terbaik untuk merawat peralatan kayu adalah dengan mencucinya secara hand by hand atau menggunakan tangan. Mengapa tidak menggunakan mesin pencuci piring seperti dish washer? Penggunaan sabun dengan kandungan kimia yang tinggi dapat merusak kualitas alami dari peralatan kayu tersebut. 

2) Keringkan peralatan dengan cara yang tepat 

Setelah mencuci peralatan berkayu hingga bersih, kamu dapat mengeringkannya dengan lap kering. Hindari mengeringkan peralatan kayu dengan pengering karena hanya akan membuat permukaan peralatan memburuk dan mudah rusak. 

3) Oleskan minyak pada peralatan kayu agar peralatan tidak kering dan mudah retak

Biasanya minyak seperti food grade mineral oil, minyak untuk lilin, maupun minyak seperti minyak biji rami dan minyak tung dapat digunakan untuk peralatan kayu. Caranya mudah, kamu hanya perlu menuang minyak dalam jumlah kecil ke lap bersih kemudian oleskan pada permukaan peralatan kayu. Diamkan selama beberapa jam atau semalaman agar hasil maksimal. Jangan gunakan minyak zaitun maupun minyak sayur lainnya sebab hanya akan membuat peralatan dapur kayumu mengeluarkan bau tidak sedap. 

4) Hindari merendam peralatan kayu di dalam air dalam waktu yang lama 

Tidak jarang pada saat kita sedang mencuci peralatan dapur kita sering merendamnya dalam waktu yang lama. Berbeda dengan peralatan lain, peralatan dapur berbahan kayu sebaiknya tidak direndam terlalu lama karena akan menghilangkan tekstur alaminya yang membantu untuk melindungi permukaan peralatan kayunya. Jika peralatanmu ada noda sebaiknya segera angkat saja.

5) Simpan peralatan kayumu dengan benar

Simpan peralatan kayu di tempat yang kering, sejuk dan terhindar dari ruang yang terlalu lembab. Jika peralatan dapur kayumu terpapar suhu yang begitu tinggi, peralatanmu akan pecah hingga kehilangan bentuk awal. Jauhkan peralatan kayu dari sumber panas seperti kompor, oven, hingga sinar matahari. 

Baca Juga  Dukung Pengembangan Generasi Muda, UNIQLO Selenggarakan Seri Kedua Around the World with Roger Federer di Shanghai

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *