Pentingnya Pendidikan bagi Perempuan sebagai Investasi Jangka Panjang

Uncategorized146 Dilihat

Setiap perempuan mempunyai hak untuk belajar dan mendapatkan pendidikan yang bermutu, tanpa memandang gender, tempat tinggal, atau keadaannya. Dilansir dari theirworld.org, berikut beberapa manfaat dari pendidikan perempuan:

1. Pertumbuhan ekonomi

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pada perempuan akan meningkatkan produktivitas suatu negara dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Perempuan yang berpendidikan bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dengan upah yang lebih tinggi dan mempunyai dampak dalam mengatasi kesetaraan gender dalam angkatan kerja.

Dari data International Labor Organization (ILO), pendidikan perempuan menjadi salah satu cara paling penting untuk memutus siklus kemiskinan dan kemungkinan besar akan berdampak signifikan terhadap akses terhadap pekerjaan formal jangka panjang.

2. Pengetahuan kesehatan

Seorang anak yang terlahir dari ibu yang melek huruf mempunyai kemungkinan 50% lebih besar untuk bertahan hidup hingga melewati usia 5 tahun. Pendidikan perempuan secara global dapat menegah kematian anak. Ibu yang berpendidikan memiliki informasi yang lebih baik mengenai sanitasi, nutrisi, sehingga menurunkan angka kematian anak akibat penyakit yang dapat dicegah seperti diare, pneumonia, malaria, dan kekurangan gizi.

3. Keluarga kecil dan berkelanjutan

Pendidikan perempuan membantu mengurang pertumbuhan populasi. Perempuan berpendidikan mempunyai angka kehamilan lebih sedikit dan kecil kemungkinannya untuk hamil pada usia muda atau remaja dan memiliki peluang yang lebih besar untuk hidup lebih sehat, sejahtera, bagi dirinya sendiri dan keluarganya.

4. Memiliki kendali atas hidupnya

Perempuan yang berpendidikan akan tumbuh menjadi wanita yang memiliki lebih banyak hak untuk menentukan hidupnya dan memiliki kesadaran yang lebih tinggi akan nilai dan kemampuannya. Perempuan berpendidikan cenderung tidak mengalami kekerasan dalam rumah tangga dan akan lebih berpartisipasi dalam pengambilan keputusan di rumah tangga. Pendidikan juga membantu perempuan memperoleh keterampilam yang dibutuhkan untuk mengambil peran kepemimpinan.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Untuk Menghafal

 

Penulis: Maritza Samira.

#BreakingBoundariesSeptember

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *