Penerapan Konsep Ikigai dalam Kehidupan Sehari-Hari

Uncategorized22 Dilihat

Dilansir dari positivepsychology.com, untuk memahami konsep ikigai lebih dalam, berikut penerapan konsep ikigai dalam kehidupan sehari-hari:

What you love

Hal ini mencakup apa yang kita lakukan atau alami, yang memberi kebahagiaan dan kepuasan dalam hidup. Misal menulis, melukis, bernyanyi, berpetualang, membaca buku, menghabiskan waktu luang bersama teman, memasak, dan sebagainya. Penerapan konsep ini cukup pada apa yang disukai tanpa mempedulikan keahlian atau prospek kerja kedepan.

What you are good at

Pemahaman ini mencakup semua hal yang kita kuasai, seperti keterampilan yang telah dipelajari atau pun bakat yang telah muncul sejak kecil. Misalnya memiliki keahlian dalam memasak, bermain piano, kemampuan berempati, komunikasi yang baik di depan umum, ahli dalam olahraga tertentu, melukis, dan sebagainya. Bidang ini mencakup semua bakat dan kemampuan, baik yang disukai atau tidak.

What the world needs

Dunia di sini dapat berupa umat manusia secara keseluruhan, komunitas yang berhubungan dengan Anda, dan sebagainya. Apa yang dibutuhkan dunia bisa didasarkan pada kesan atau kebutuhan yang diungkapkan orang lain. Misal dibutuhkan tenaga kesehatan yang lebih banyak, sukarelawan, arsitek, dan lainnya. Ranah ikigai ini berhubungan secara langsung dengan orang lain dan berbuat baik melebihi kebutuhannya sendiri.

What you can get paid for

Dimensi ini melibatkan apa yang orang lain bersedia bayarkan kepada Anda. Tak dapat dipungkiri, seseorang mungkin menjadi lebih bersemangat jika adanya bayaran, terlebih dengan hal yang disukai. Namun hal ini juga bergantung pada faktor-faktor lain seperti kondisi perekonomian dan apakah minat bakat Anda diminati.

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesJanuari

Quoted From Many Source

Baca Juga  5 Urutan Zodiak Paling Sulit Menghadapi Kegagalan dalam Hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *