Pahami Perbedaan Gender Equality dan Gender Equity

Uncategorized190 Dilihat

Dilansir dari cdn.sida.se, konsep gender equality telah lama diartikan sebagai persamaan hak, prospek hidup, peluang dan kekuasaan bagi perempuan dan laki-laki, dan sebagainya. Istilah ini telah digunakan dalam banyak perjanjian internasional, seperti Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination Against Women (CEDAW) tahun 1979 sampai dengan Sustainable Development Goals (SDGs) 2015.

Konsep gender equality ini berkaitan erat dengan agenda hak asasi manusia. Kata ini juga digunakan untuk menandai tujuan perjuangan hak-hak perempuan yang dipimpin oleh gerakan perempuan di seluruh dunia. Gender equality merupakan sebuah konsep yang berkonotasi transformatif, mencakup pemberdayaan perempuan, non-diskriminasi dan persamaan hak tanpa memandang gender.

Dengan kata lain, gender equality adalah suatu kondisi atau keadaan yang setara, terutama dalam hal status, hak, kesempatan, dan tidak mendiskriminasi. Perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki. Namun, istilah ini tidak memperhatikan perbedaan latar belakang yang dimiliki masing-masing individu tadi.

Quoted From Many Source

Baca Juga  7 Arti Mimpi Ketemu Mantan Pasangan, Berkaitan dengan Kebahagiaanmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *