Mengenal Bagian Otak yang Menjadi Penentu Kecerdasan Manusia dan Tips Stimulasinya

Uncategorized51 Dilihat

Dilansir dari Webmd, cara-cara untuk menstimulasi otak kanan dengan efektif, di antaranya:

1. Aktif bersosialisasi

kegiatan sosial seperti berkumpul dengan keluarga, ikut dalam acara sosial, bertemu dengan teman, atau melakukan kegiatan sukarela dapat merangsang otak kanan. Dengan aktif bersosialisasi, otak kanan dapat distimulasi melalui interaksi fisik dan percakapan. Hubungan yang kuat dengan keluarga dan teman-teman juga dapat membantu mengurangi risiko demensia, tekanan darah yang lebih rendah, dan harapan hidup yang lebih panjang.

2. Seni visual

Melakukan kegiatan seni visual dapat membantu menstimulasi otak kanan. Seni visual seperti menggambar, melukis, atau membuat karya seni lainnya dapat membantu menjelajahi sisi kreatif dengan mematikan pikiran sadar. 

Melalui ekspresi kreatif, aktivitas ini mengajak individu untuk mengungkapkan ide dan perasaan secara visual. Pemikiran spasial yang terlibat dalam menggambarkan objek atau memanipulasi warna dan bentuk melibatkan kemampuan untuk memahami dan merepresentasikan ruang dalam gambar. Seni visual merangsang imajinasi, intuisi, dan memperluas kemampuan berpikir kreatif di luar batas logis. 

3. Seni pertunjukan

Seni pertunjukan, seperti drama dan tarian, menyajikan kesempatan unik untuk merangsang kecerdasan otak kanan. Seni pertunjukan mengajak individu untuk mengungkapkan diri melalui karakter, gerakan, dan vokal, merangsang kreativitas otak kanan melalui ekspresi emosional dan kreatif.

Melalui improvisasi dan kreativitas spontan, seni pertunjukan memicu respons langsung dari otak kanan, memperkaya proses kreatif dan berpikir di luar kerangka terstruktur. Kolaborasi dan interaksi dengan sesama seniman juga memperkuat kemampuan otak kanan dalam berkomunikasi visual dan berkolaborasi secara kreatif. 

4. Praktik mindfulness

Praktik mindfulness, seperti meditasi atau yoga, dapat secara positif merangsang kecerdasan otak kanan. Dalam praktik ini, fokus ditempatkan pada kesadaran diri, dengan menenangkan pikiran dan meredakan pikiran yang mungkin sibuk. 

Baca Juga  Berkolaborasi dengan Olivia Rodrigo, Sony Luncurkan LinkBuds S Edisi Terbatas

Latihan ini melibatkan pengamatan tanpa penilaian terhadap pikiran yang muncul, membantu individu memahami cara otak mereka berfungsi dan memproses informasi. Melalui pencapaian kesadaran diri ini, praktik mindfulness memperoleh kemampuan untuk merangsang kreativitas, meningkatkan pemikiran intuitif, dan memperdalam pemahaman tentang proses berpikir, yang semuanya merupakan aspek kecerdasan otak kanan. 

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundaries

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *