Hari Tidur Sedunia Kampanyekan Tidur Berkualitas, Ini Manfaat Tidur Bagi Tubuh

Uncategorized29 Dilihat

Dilansir dari sleepfoundation.org, terdapat 8 manfaat tidur bagi tubuh.

Meningkatkan mood

Tidur dapat membantu tubuh meningkatkan energi, sehingga saat bangun dari tidur tubuh akan terasa lebih segar dan dapat memberikan efek pada mood. Jika seseorang tidak memiliki cukup tidur, maka akan lebih tinggi risikonya untuk mengalami perubahan drastis pada mentalnya. 

Meningkatkan kualitas jantung

Saat sedang tidur, detak jantung akan melambat dan tekanan darah akan menurun. Hal tersebut berarti jantung dan sistem peredaran darah pada tubuh dapat beristirahat sejenak saat seseorang tidur.

Meregulasikan kadar gula darah

Tidur berdampak pada hubungan tubuh dengan hormon insulin. Hormon insulin adalah hormon yang membantu glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Tidur selama tujuh jam dapat membantu gula darah terdistribusikan dengan baik dalam tubuh.

Meningkatkan fungsi otak

Tidur dipercaya dapat memberikan banyak dampak positif pada memori dan kemampuan berpikir kognitif manusia. Saat tidur, otak dapat berkembang, mengatur ulang, dan membuat koneksi saraf baru. Koneksi baru dalam otak ini dapat membantu seseorang mempelajari informasi baru atau memperkuat memori saat tidur. Dengan kualitas tidur malam yang baik, seseorang akan memiliki kemampuan pengambilan keputusan dan pemecahan masalah yang baik.

Mengembalikan daya tahan tubuh

Saat tidur, tubuh memproduksi hormon yang dapat membantu pertumbuhan bagi anak dan remaja. Hormon yang sama juga dapat memperbaiki lapisan jaringan dan sel pada orang yang sudah usia lanjut. Tubuh juga memproduksi cytokines yang membantu sistem kekebalan tubuh saat memerangi infeksi

Menghilangkan stres

Dengan tidur teratur setiap malam, tubuh akan segar saat bangun di pagi hari. Jika seseorang bangun tidur dengan kondisi segar, mereka akan terhindar dari kesulitan untuk berpikir dan kurangnya energi. Dengan demikian, stres dapat dihindari dengan tidur yang baik. 

Baca Juga  8 Tips Menstimulasi Kemampuan Otak Orang Dewasa

Meningkatkan kemampuan atletik

Para atlet membutuhkan delapan jam untuk tidur di malam hari setiap hari untuk mengembalikan dan mengistirahatkan otot mereka. Selain itu, tidur diperlukan untuk menghindari overtraining pada atlet dan untuk meningkatkan performa mereka. Tanpa tidur, atlet berisiko untuk mengalami penurunan performa dan juga meningkatkan risiko cedera.

Menjaga berat tubuh ideal

Saat tidur, tubuh memproduksi lebih banyak leptin atau penekan nafsu makan dan mengurangi produksi ghrelin, perangsang nafsu makan. Jika seseorang kekurangan tidur, maka rasa lapar yang muncul akan semakin besar dan akan menyebabkan kenaikan berat badan.

 

Penulis: Karina Alya.

#Unlocking The Limitless

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *