5 Tokoh Perempuan Berpengaruh Gebrak Panggung Politik Dunia

Uncategorized39 Dilihat

Fimela.com, Jakarta Kehadiran perempuan di dunia politik dan pemerintahan sudah tidak asing lagi. Saat in, ada banyak perempuan dari berbagai negara yang terjun ke dunia politik.

Bahkan, mereka berhasil menduduki posisi kepemimpinan seperti Presiden hingga Wakil Presiden. Mereka juga berhasil mencetak prestasi di berbagai bidang. Berikut Fimela rangkum 5 politikus perempuan berpengaruh dunia.

1. Ellen Johnson Sirleaf

Sirleaf adalah presiden perempuan pertama yang terpilih di Afrika. Ia memulai karir politiknya pada tahun 1972, dengan pesan pedas menentang pemerintahan yang menindas di almamaternya, kemudian bekerja di Departemen Keuangan dan kemudian menjadi Menteri Keuangan. Meskipun ia dilarang berpolitik selama 30 tahun, ia mencalonkan diri sebagai presiden tetapi kalah dari lawan politiknya yang dituduh melakukan kejahatan perang. Dia segera mengirim dirinya ke pengasingan demi keselamatannya sendiri.

Pada tahun 2006, ia memenangkan pemilihan presiden dan terpilih kembali pada tahun 2011. Ia menerima Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun yang sama, bersama dengan Leymah Gbowee dan Tawakkul Karman, atas “perjuangan tanpa kekerasan untuk keselamatan perempuan dan hak-hak perempuan.” untuk berpartisipasi penuh dalam upaya membangun perdamaian.”

 

Quoted From Many Source

Baca Juga  Jangan Sampai Tertipu: 5 Tanda Orang Memanfaatkan Kebaikan Kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *