Gempa Darat Dangkal Magnitudo 3,2 Guncang Bandung Selatan

Berita332 Dilihat

Losergeek.org.CO, JakartaGempa tektonik dengan magnitudo 3,2 menggetarkan wilayah Bandung Selatan dan sekitarnya, Jumat, 4 Agustus 2023. Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika atau BMKG mencatat waktu kejadian gempa itu pada pukul 10.19 WIB.

Berdasarkan peta tingkat guncangan BMKG dan laporan dari masyarakat, dampak gempa berupa guncangan dirasakan di wilayah Pangalengan, Cikajang, Bayongbong, dan Cisurupan dengan Skala Intensitas II MMI. Getaran hanya dirasakan oleh beberapa orang dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Dari hasil pantauan BMKG hingga pukul 11.00 pun nihil aktivitas gempa susulan.
    
Menurut Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Teguh Rahayu, pusat atau episenter gempa  terletak pada koordinat 7,38 derajat Lintang selatan dan 107,53 derajat Bujur Timur “Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 39 kilometer arah tenggara Kabupaten Bandung,” ujarnya lewat keterangan tertulis, Jumat 4 Agustus 2023.

Iklan

Sumber gempa berkedalaman dangkal, yaitu 5 kilometer. Penyebab gempa disebutkan akibat aktivitas sesar lokal setempat. BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Keluarga Ojol yang Meninggal di Palmerah Harap Pemilik Kabel Melintang Cepat Terungkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *