Anies Baswedan Serukan Salam Merdeka dengan Tangan Terbuka, Ini Alasannya

Berita243 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan serukan salam merdeka dengan telapak tangan terbuka. Hal tersebut ia unggah melalui di Instagram resminya, @aniesbaswedan pada Ahad, 20 Agustus 2023.

Merdeka, merdeka, merdeka! Alhamdulillah kita sama-sama lempangkan bahwa salam kemerdekaan itu tidak dengan tangan mengepal, tapi dengan tangan terbuka,” ujar Anies seperti dikutip pada Ahad 20 Agustus 2023. 

Ia menyebut salam merdeka dengan tangan terbuka itu memberikan pesan hangat kepada semua orang.

Dalam unggahannya itu, Anies turut mengunggah video tentang Maklumat Presiden Soekarno tertanggal 31 Agustus 1945 mengenai salam merdeka. Dalam potongan video yang Anies unggah, tampak Soekarno mengajak masyarakat memekikkan salam nasional merdeka dengan posisi tangan terbuka. 

Salam Merdeka versi Megawati

Sebelum Anies, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri juga pernah menyerukan salam merdeka dengan cara yang sama. Hal itu Megawati sampaikan di acara hari ulang tahun (HUT) PDIP ke-50 yang pada 10 Januari 2023 

Namun, dalam versi Megawati, kata merdeka diganti dengan Pancasila. Mega mengajarkan salam tersebut yang diikuti ribuan kader PDIP yang menyahuti salam Pancasila dengan teriakan ‘Merdeka’ sebanyak tiga kali.

Iklan

“Saya minta semua berdiri, saya ajari ada salam baru, selain Merdeka, Merdeka, Merdeka. Jadi, bagi mereka yang PDI Perjuangan saya minta untuk berdiri,” kata Megawati.

Megawati menyampaikan dirinya mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Sehingga, Megawati menilai pengenalan salam Pancasila dirasa penting.

M JULNIS FIRMANSYAH 

Pilihan Editor: Anies Baswedan Ingatkan Kebijakan Pemerintah Harus Berdasarkan Data dan Kritik Wajib Dijawab



Quoted From Many Source

Baca Juga  6 Tuntutan Ini Tak Segera Dikabulkan, Partai Buruh Ultimatum akan Mogok Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *