Mitra Kukar resmi menggaet Mohamed Sissoko sebagai marquee player untuk Liga 1 2017. Transfer ini terbilang mengejutkan lantaran tim Naga Mekes tampak adem-ayem dalam perburuan pemain berstatus bintang. Walau belakangan Mitra Kukar memang dikaitkan dengan beberapa pemain, namun justru PSM Makassar yang sempat disebut-sebut bakal mendaratkan Mohamed Sissoko. Hingga pada Kamis (13/4/2017) secara resmi mantan pemain Liverpool dan Juventus itu bergabung dengan Mitra Kukar.

Menurut agen sang pemain, Nelson Sanchez, seperti dikutip dari Bola bahwa Mohamed Sissoko dikontrak Mitra Kukar hingga Desember 2017 atau hingga Liga 1 musim ini berakhir. Namun, ada opsi perpanjangan kontrak bila penampilannya dianggap Mitra Kukar memuaskan.

Berbicara mengenai nilai kontrak, Sanchez memilih diam. Dia tidak bisa memberi tahu. Tapi mengisyarakatkan jumlahnya lumayan besar karena Sissoko pernah main di PSG, Juventus, Liverpool, dan dengan tim di La Liga. Apalagi Sissoko sangat fit.

Dari situs transfermark, nilai pasar pemain 32 tahun itu saat ini berkisar 500 ribu euro (Rp 7 miliar). Jumlah itu lebih rendah dari yang dikabarkan jadi nilai pasar Michael Essien, berkisar 800 ribu euro (Rp 11,2 miliar). Sementara pada 2011, Sissoko mendapat gaji Rp 54,1 miliar.

Di masa jayanya, masih dari situs transfermark, Mohamed Sissoko pernah mendapat kontrak sebesar 16 juta euro (Rp 225,6 miliar), yakni kala bergabung bersama Juventus pada 2009. Karier bermain Mohammed Sissoko selain di Liverpool, Juventus, dan PSG, tercatat pernah membela Auxerre, Valencia, Fiorentina, dan Levante.

Menurut statistik wikipeda, Sissoko selama karirnya sebagai pemain gelandang bertahan telah tampil sebanyak 297 kali. Mulaid dari klub Auxerre di league 1 Perancis tahun 2003 sampai dengan tahun 2015 di klub Shanghai Shenhua, China. Total dia sudah pernah mencetak 10 gol.

Gelandang asal Mali ini juga akrab dengan sepak bola Asia karena sudah pernah bergabung dengan Shanghai Shenhua di Liga China dan Pune City di India Super League (ISL). Khusus di ISL, Sissoko juga jadi marquee player, sebelum kembali ke kompetisi Eropa bersama Ternana di Seri B Italia.

Namun, di Ternana kiprahnya tidak lama karena per 12 Maret 2017 ia dipecat lantaran dinilai bersikap tidak profesional. Padahal, saat itu kebersamaannya dengan Ternana baru berjalan 25 hari dan ia semula hanya dikontrak selama setengah musim (enam bulan) untuk musim 2017.

Alhasil, Mitra Kukar merupakan klub pertama Mohamed Sissoko setelah tanpa klub pasca dipecat Ternana. Kendati sudah bergabung, mepetnya kedatangan sang bintang dengan jadwal pertandingan Mitra Kukar membuat Sissoko dipastikan masih absen pada partai perdana tim Naga Mekes, yakni kontra Barito Putera di Stadion 17 Mei, Banjarmasin pada Sabtu besok tanggal 15/4/2017.

Selamat datang Mohammed Sissoko.